https://bima.times.co.id/
Berita

Lombok Barat Kembali Ekspor Biji Kopi Robusta dan Arabika ke Korea Selatan

Senin, 19 April 2021 - 21:15
Lombok Barat Kembali Ekspor Biji Kopi Robusta dan Arabika ke Korea Selatan Suasana pelepasan komiditas ekspor Kabupaten Lombok Barat di halaman kantor perwakilan Bank NTB Provinsi NTB, Senin (19/04/2020). (Foto: Dinas Kominfo Lombok Barat)

TIMES BIMA, MATARAM – Kabupaten Lombok Barat kembali mengekspor biji kopi jenis Robusta dan Arabika ke Korea Selatan. Pelepasan ekspor dilakukan Sekda Provinsi NTB H. Lalu Gita Ariadi didampingi Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) NTB Heru Saptaji, di halaman kantor perwakilan Bank NTB Provinsi NTB, Kota Mataram, Senin (19/04/2020). 

Hadir pula pada kesempatan itu, para Kepala OPD lingkup pemerintah Provinsi NTB, GM Angkasa Pura, GM Garuda Indonesia, Kepala Balai Karantina, Perwakilan Bea Cukai, GM Pelindo, perwakilan BRI, pengusaha eksportir, dan para pelaku ekonomi.

Gubernur Bank Indonesia, Heru Sartaji mengungakapan bahwa pelepasan yang dilakukan kali ini adalah lanjutan dari ekspor yang sudah dilakukan ke Korea selatan yaitu sebanyak kurang lebih 2 kontainer atau 44 ton green coffee yang merupakan produk unggulan Nusa Tenggara Barat (NTB).

“Setelah beberapa waktu lalu kopi Lombok Barat tembus Kanada, berbagai produk hortikultura seperti manggis dan juga komoditas perikanan di ekspor ke banyak negara, kopi Lobar meneguhkan eksistensinya sebagai produk unggulan berkualitas ekspor,” kata Heru.

Ia menyebutkan pada tahun 2023 produksi kopi dari seluruh perkebunan di Lombok diprediksi bisa mencapai 5.000 ton. Dari produksi tersebut, yang diekspor 3.500 ton. Negara tujuannya mulai dari Amerika Serikat, Kanada, Korea Selatan, Abu Dhabi, Qatar, hingga Wilayah Timur Tengah.

”Kami bersyukur bahwa di tengah Pandemi Covid-19 dan tantangan ekonomi yang ada, tekanan perlambatan ekspor, berbagai komoditas di NTB masih mendapat tempat di pasar luar negeri,” papar Heru.

Sekretaris Daerah Provinsi NTB, H. Lalu Gita Ariadi menyampaikan bahwa kopi robusta yang diekspor adalah kopi dengan kualitas mutu satu dalam bentuk green bean.

Menurut Gita, kopi Lombok Barat yang diproduksi melalui UD. Berkah Alam selama ini rutin mengekspor kopi. Seperti tahun lalu yang juga mengekspor ke Kanada, Amerika Serikat, Korea dan Swiss. Ia optimistis tahun depan mampu meningkatkan produktivitas lahan sehingga mengerek volume ekspor.

“Dengan kondisi pembungaan saat ini yang cukup bagus, kita tinggal menunggu hujan untuk mengairi lahan. Dengan demikian, kita berharap tahun depan produktivitasnya bisa meningkat menjadi 3 ton/hektar dari posisi sekarang sekitar 900 kg/hektar," tuturnya.

Diketahui, Kabupaten Lombok Barat melalui UD. Berkah Alam kembali mengekspor biji Kopi Robusta dan Arabica yang sebelumnya diekspor ke Kanada, dan untuk kedua kalinya ke Korea Selatan dengan jumlah 44 Ton. (*)

Pewarta : Anugrah Dany Septono
Editor : Irfan Anshori
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Bima just now

Welcome to TIMES Bima

TIMES Bima is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.