Berita

Kementerian PUPR RI Raih Penghargaan Terbaik BMN Award 2021 Kategori Sertifikasi BMN

Jumat, 26 November 2021 - 16:44
Kementerian PUPR RI Raih Penghargaan Terbaik BMN Award 2021 Kategori Sertifikasi BMN Menkeu RI Sri Mulyani saat menyerahkan penghargaan Juara Pertama Kategori Sertifikasi Kelompok III Barang Milik Negara Awards dan Lelang Awards kepada Sekretaris Jenderal Kementerian PUPR Mohammad Zainal Fatah secara virtual, Senin (15/11/2021). (FOT

TIMES BIMA, JAKARTA – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kementerian PUPR RI) meraih penghargaan Juara Pertama Kategori Sertifikasi Kelompok III Barang Milik Negara (Sertifikasi BMN) Awards dan Lelang Awards dalam acara Apresiasi Pengelolaan Kekayaan Negara (APKN) Tahun 2021 yang diselenggaraan setiap tahun oleh Kementerian Keuangan.

Penghargaan diserahkan Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani kepada Sekretaris Jenderal Kementerian PUPR Mohammad Zainal Fatah secara virtual, Senin (15/11/2021).

BMN Award PUPR 2

Dalam sambutannya Menkeu Sri Mulyani menyampaikan, bahwa aspek yang sangat penting dalam keuangan negara salah satunya adalah BMN, karena perolehan BMN melalui proses keuangan negara, sehingga harus dapat bermanfaat bagi masyarakat.

“Bahwa masyarakat perlu mengetahui banyak sekali kegiatan pemerintah, yang didanai oleh keuangan negara menghasilkan aset yang luar biasa penting. Sebagian besar dari aset tersebut adalah BMN yang digunakan pemerintah dalam melaksanakan tugas dan fungsinya atau infrastruktur untuk penyelenggaraan aktivitas lainnya, misalnya sarana prasarana yang digunakan dan barang-barang yang disalurkan dalam rangka penanggulangan dampak pandemi Covid-19,” kata Menkeu Sri Mulyani.

BMN Award PUPR 3Ilustrasi aset negara yang dikelola Kementerian PUPR RI (FOTO: Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR RI)

Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Kementerian Keuangan mencatat, Kementerian PUPR RI merupakan Kementerian yang mengelola aset BMN terbesar. Secara total, jumlah aset BMN Kementerian PUPR RI pada Laporan Keuangan Pemerintah Pusat (LKPP) Tahun 2020 Audited mencapai 2.217,82 triliun dari nilai 7.470,19 triliun. Nilai ini setara dengan 29,69 % dari seluruh nilai BMN Kementerian/Lembaga.

Setiap tahunnya, BMN Awards diberikan kepada K/L yang mempunyai kinerja terbaik dalam pengelolaan BMN, yang terdiri dari 5 kategori yakni Utilisasi, Kepatuhan Pelaporan, Sertipikasi, Continuous Improvement dan Peer Collaboration.

BMN Award PUPR 4

Penghargaan Kategori Sertifikasi BMN ini diberikan untuk K/L yang telah melakukan upaya-upaya pengamanan dan penertiban dokumen kepemilikan BMN, berupa tanah yang berada dalam kuasanya. Adapun penghargaan pada kategori sertifikasi kali ini, diberikan kepada 3 (tiga) K/L yakni, Kementerian PUPR RI, Kepolisian dan Kementerian Pertahanan. Per November 2021 Kementerian PUPR RI telah mensertifikatkan Aset Tanah BMN sebanyak 20.621 bidang yang mengalami kenaikan 287% dibanding pada tahun 2020 sebanyak 7.180 bidang. (*)

Pewarta :
Editor : Faizal R Arief
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Bima just now

Welcome to TIMES Bima

TIMES Bima is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.