Berita

Izin Mudik Lokal Picu Lonjakan Penumpang, Jadwal Kapal di Morotai Tak Bertambah

Sabtu, 08 Mei 2021 - 12:41
Izin Mudik Lokal Picu Lonjakan Penumpang, Jadwal Kapal di Morotai Tak Bertambah KM Geovani di pelabuhan laut Ternate hendak menuju Morotai dan Kapal Feri tiba di Pelabuhan Penyebrangan Gorua Tobelo. (Foto: Ahmad For TIMES Indonesia)

TIMES BIMA, MOROTAI – Walaupun terjadi lonjakan penumpang sejak H - 10 lebaran Idul Fitri 1442 H baik di Pelabuhan Penyebrangan Feri Juanga maupun di Pelabuhan Laut Daruba karena mudik lokal dibolehkan di Kabupaten Pulau Morotai, namun jadwal kapal tidak bertambah.

Kondisi tersebut terlihat ada perbedaan dengan tahun sebelumnya, dimana tahun lalu untuk mengantisipasi lonjakan penumpangm kapal Feri maka Dinas Perhubungan Pulau Morotai bersama pihak ASDP mengantisipasi dengan menambah jadwal kapal menjadi tiap hari, mines hari Minggu.

km

"Di Tahun ini, jadwal kapal Feri masih tetap satu Minggu empat kali rute Morotai-Tobelo yakni Selasa, Rabu, Kamis dan Sabtu, belum ada penambahan jadwal seperti tahun lalu," ungkap Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Pulau Morotai, Ahdad Hi Hasan, Sabtu (8/5/2021).

Sementara pemberlakuan swab antigen kata Kadishub hanya diberlakukan bagi penumpang yang tiba di Pelabuhan Penyebrangan Feri Juanga Morotai, penumpang yang ke Tobelo tidak di swab antigen karena tidak ada permintaan dari pihak Pelabuhan penyeberangan.

Pemberlakuan ini sangat berbeda dengan penumpang kapal di Pelabuhan Laut Daruba, dimana penumpang baik yang hendak ke Ternate maupun yang ke Morotai menggunakan KM Geovani maupun kapal lainnya diwajibkan mengantongi surat swab antigen dari pihak kesehatan setempat.

"Kalau penumpang kapal laut hingga saat ini diwajibkan swab antigen baik yang dari Ternate ke Morotai maupun dari Morotai ke Ternate, karena itu aturan yang di tetapkan pihak Pelabuhan sehingga setiap penumpang wajib mengantongi surat swab antigen dalam pembelian tiket," terang Kadishub.

Namun bagi Kapal Laut, ditegaskan mantan Kadis Keuangan ini, ada pengurangan rute antar provinsi karena ada larangan mudik dari pemerintah pusat demi memutus mata rantai covid-19.

"Jadi KM Geovani sementara ini rutenya ke Manado ditiadakan, hanya melayani penumpang rute Morotai - Ternate," tutup orang nomor satu di Dishub  Kabupaten Pulau Morotai. (*)

Pewarta : Abdul Halil Husain
Editor : Ronny Wicaksono
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Bima just now

Welcome to TIMES Bima

TIMES Bima is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.