Berita

Resmi Jadi Tuan Rumah Formula E, Anies Baswedan: Mari Saksikan Kemajuan Indonesia

Minggu, 17 Oktober 2021 - 12:34
Resmi Jadi Tuan Rumah Formula E, Anies Baswedan: Mari Saksikan Kemajuan Indonesia Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (FOTO: Setkab RI)

TIMES BIMA, JAKARTA – Melalui keputusan FIA World Motor Sport Council di Paris pada Jumat (15/10/2021) kemarin, sekaligus meratifikasi kalender balapan musim kedelapan tahun 2021/2022, Jakarta resmi ditetapkan menjadi tuan rumah balap ABB FIA Formula E pada 4 Juni 2022 nanti.

Chief Championship Officer sekaligus Co-founder Formula E Alberto Longo menyampaikan apresiasi yang tinggi atas partisipasi Indonesia. Longo juga menekankan pentingnya Jakarta E-Prix bagi Indonesia dan ABB Formula E.

Ia mengapresiasi upaya Indonesia dalam mengurangi ketergantungan pada energi konvensional, dan beralih pada energi ramah lingkungan.

"Apalagi dalam merealisasikan filosofi tersebut dan untuk mengambil manfaat dari tren mobil listrik dunia, Presiden Joko Widodo berencana menjadikan Indonesia sebagai pusat produksi mobil listrik dan baterai mobil," ujar Longo, dikutip dari siaran pers Pemprov DKI Jakarta, Minggu (17/10/2021).

Longo tak lupa memberi ucapan selamat kepada Gubernur Anies Baswedan yang mengaitkan Formula E dengan program Jakarta Langit Biru untuk mewujudkan udara yang bersih.

Kata Longo, Anies Baswedan telah mengirimkan pesan bahwa menggeser kendaraan pribadi dengan transportasi umum dan mempromosikan penggunaan mobil listrik merupakan satu dari beberapa langkah yang akan ditempuh.

"Ini adalah upaya lintas generasi, dan Formula E akan membantu untuk merangkul partisipasi generasi muda dan para milenial," ujarnya.

Sementara itu, Gubernur Anies Baswedan menyampaikan, hadirnya Formula E di Jakarta sejalan dengan upaya Presiden Jokowi dalam mengurangi ketergantungan Indonesia pada energi konvensional, dan beralih pada energi ramah lingkungan.

Peralihan dari kendaraan pribadi dengan transportasi umum dan mempromosikan penggunaan mobil listrik merupakan satu dari beberapa langkah yang akan ditempuh.

"Ini adalah upaya lintas generasi, dan Formula E akan membantu untuk merangkul partisipasi generasi muda dan para milenial," kata Anies Baswedan.

Memasuki balapan musim ke-8, Formula E akan hadir di kota-kota iconic dunia, termasuk Diriyah (Saudi Arabia), Rome, Monaco, Berlin, Vancouver, New York, London and Seoul. Jakarta E-Prix 2022, akan menjadi gelaran balap pertama, dari tiga balapan yang akan dilaksanakan secara berturutan.

"Kami ingin kirimkan pesan pada masyarakat dunia mari saksikan kemajuan Indonesia, sehingga mereka tanpa ragu berkunjung ke Indonesia, baik sebagai turis maupun investor," jelasnya.

Kemudian, pada tahun 2022, Indonesia juga akan menjadi tuan rumah beberapa gelaran balap dunia, termasuk MotoGP. Hal ini tentunya akan memberikan kesempatan yang besar untuk mempromosikan negeri Indonesia.

Untuk memaksimalkan manfaat ekonomi, Formula E di Jakarta bukan hanya digelar dalam satu acara, melainkan rangkaian acara sepanjang beberapa bulan hingga Juni 2022. Acara ini tentu akan melibatkan banyak stakeholder, termasuk UMKM.

"Insya Allah balapan ini akan mendatangkan manfaat bagi banyak pihak di Jakarta dan Indonesia," ujar Gubernur Anies Baswedan soal Formula E. (*)

Pewarta : Moh Ramli
Editor : Irfan Anshori
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Bima just now

Welcome to TIMES Bima

TIMES Bima is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.