Berita

Gandeng Malang Animal Clinic, Srimaya Foundation Menggelar Steril Masal Kucing Domestik

Minggu, 28 November 2021 - 23:45
Gandeng Malang Animal Clinic, Srimaya Foundation Menggelar Steril Masal Kucing Domestik Team dokter MAC melakukan proses steril pada kucing domestik, yang diadakan di Srimaya Reciden. (FOTO: Adhitya Hendra/TIMES Indonesia)

TIMES BIMA, MALANGMalang Animal Clinic bersama Srimaya Foundation menggelar steril masal kucing domestik (kucing lokal) gratis di area Srimaya Recident, Kecamatan Karangploso Kabupaten Malang, Minggu (27/11/2021).

Steril masal ini dilakukan sembilan team dokter hewan yang terdiri dari 9 Dokter Hewan dan 50 Dokter Muda (Koas) dari berbagi wilayah Jawa Timur dan Bali.

Sebanyak 75 ekor kucing domestik dari dari Malang, Sidoarjo, Jember, Probolinggo, dan Pasuruan jadi 'pasien' dalam kegiatan ini .

Dokter-MAC-melakukan-proses-pengecekan-kondisi-kucing-domestik-pasca-dilakukan-steril-massal.jpgDokter MAC melakukan proses pengecekan kondisi kucing domestik pasca dilakukan steril massal, yang diadakan di Srimaya Reciden. (FOTO: Adhitya Hendra/TIMES Indonesia)

Adapun tujuan kegiatan sosial tersebut dilaksanakan adalah untuk menekan dan mengontrol populasi kucing domestik dengan harapan dapat menyejahterakan kucing domestik.

Kegiatan ini juga sebagai upaya mencegah dan menekan penyebaran penyakit yang diakibatkan banyaknya kucing domestik liar, agar tidak berdampak ke masyarakat, karena tidak terkontrol populasinya.

Malang Animal Clinic melalui Drh. Andita Septiandini juga memberikan penyuluhan kepada masyarakat pentingnya agar menjaga kesehatan hewan kesayangan atau hewan yang ada di sekitar lingkungannya, khususnya kucing domestik. Dia berharap tidak ada lagi kucing domestik yang terlantar dan dibuang di jalan atau pasar.

Team-dokter-MAC-melakukan-pemindagan-kucing-domestik-usai-proses-steril.jpgTeam dokter MAC melakukan pemindagan kucing domestik usai proses steril, yang diadakan di Srimaya Reciden. (FOTO: Adhitya Hendra/TIMES Indonesia)

Rencananya, kegiatan ini akan dilakukan rutin tiga bulan sekali mengingat kegiatan ini baru pertama kali dilakukan oleh MAC di wilayah Malang.

Saat ini, MAC baru memiliki ijin praktik di Kota Malang ini. Lokasinya di Ruko Ditas Jalan MT Hariyono Kav 16.

Dhendrik Yogas, salah satu pecinta hewan di Kota Malang berharap steril masal kucing domestik yang digelar Malang Animal Clinic bersama Srimaya Foundation ini bisa dilakukan secara rutin. "Bisa meminimalisir jumlah angka kucing lokal yang ditelantarkan atau dibuang," katanya. (*)

Pewarta : Adhitya Hendra
Editor : Faizal R Arief
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Bima just now

Welcome to TIMES Bima

TIMES Bima is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.