Gaya Hidup

Hindari Kebotakan, Begini Cara Perawatan Rambut untuk Pria

Minggu, 28 Februari 2021 - 07:33
Hindari Kebotakan, Begini Cara Perawatan Rambut untuk Pria Pria keren dengan rambut tebal dan sehat. (foto: gentlemancode)

TIMES BIMA, JAKARTA – Baik bagi wanita maupun pria, rambut adalah mahkota. Sayangnya banyak pria yang abai dalam perawatan rambut. Hasilnya, banyak pria yang mengalami kebotakan. 

Bagi pria, cara paling mudah merawat rambut adalah dengan keramas. Namun keramas yang salah justru memperparah kondisi rambut lho!.

Cara yang tepat untuk menjaga rambut agar tetap lebat dan indah adalah dengan menggunakan sampo yang tepat.

ganteng b

Jadi sebaiknya kenali dahulu jenis rambut Anda sebelum memilih sampo. Pastikan Anda memilih sampo pria. Karena sampo khusus pria sudah diformulasikan untuk pria yang biasanya lebih banyak minyak dan kotoran di kepala. 

Gunakan sampo secukupnya saja. Meski merasa rambut sangat kotor, jangan berlebihan memakai sampo. Karena bisa saja ada residu yang tertinggal di kulit kepala akibat terlalu banyak sampo. Residu yang tertinggal itu dapat menyebabkan ketombe. 

Oiya, saat pakai sampo pastikan seluruh bagian rambut terutama kulit kepala sudah basah ya. Ini akan membantu memaksimalkan kerja sampo untuk membersihkan kulit. Jangan asal gosok, lakukan pijatan lembut ke kepala saat pakai sampo. 

Keramas setiap hari juga bukanlah langkah yang tepat. Karena keramas setiap hari justru membuat kulit kepala kering dan berakibat rambut cenderung rapuh sehingga mudah rontok. Idealnya keramas cukup 2 hari sekali.

Kebiasaan pria menggosok rambut setelah keramas juga dapat membuat rambut rontok. Kebiasaan tersebut memang tampak macho ya, tapi jangan dilakukan lagi. Sebaiknya usap rambut yang basah searah saja. Ulangi beberapa kali hingga dirasa cukup (air tidak lagi menetes). Dan biarkan mengering dengan sendirinya. Jangan buru-buru pakai topi atau helm sebelum rambut benar-benar kering.

Jangan malu pakai tonik rambut setelah keramas. Perawatan rambut ini akan membantu Anda menjaga rambut tetap sehat dan lebat. (*)

Pewarta : Tria Adha
Editor : Dhina Chahyanti
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Bima just now

Welcome to TIMES Bima

TIMES Bima is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.