Pendidikan

Tiga Kampus Muhammadiyah Terbaik di Dunia Versi UniRank

Kamis, 18 Februari 2021 - 13:36
Tiga Kampus Muhammadiyah Terbaik di Dunia Versi UniRank Daftar tiga Kampus Muhammadiyah terbaik di dunia versi UniRank. (FOTO: Suara Muhammadiyah)

TIMES BIMA, JAKARTA – Kualitas Muhammadiyah dalam sektor pendidikan di Indonesia terus dibuktikan. Saat ini misalnya, terdapat tiga Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM) yang berhasil menduduki 10 besar 2021 Top Islamic Universities versi UniRank.

Melansir dari Suara Muhammadiyah, ketiga PTM tersebut antara lain, Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), dan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), dan Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS). Dari urutan sepuluh besar, UMM menempati  nomor satu atau teratas, disusul nomor empat UMY dan UMS pada urutan kedelapan.

Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir mengatakan, ia sangat mengapresiasi hal tersebut. Ia mengaku bangga dan mengucapkan terima kasih kepada PTM, Majelis Diktilitbang, dan PWM. Serta semua komponen Persyarikatan yang berkhidmat sepenuh komitmen, kesungguhan dan pengorbanannya.

Haedar-Nasir.jpgKetua Umum PP Muhammadiyah, Haedar Nashir. (FOTO: Suara Muhammadiyah)

“Terimakasih pula kepada semua pihak yang selama ini telah bekerjasama dengan Muhammadiyah untuk memajukan kehidupan bangsa dan kemanusiaan semesta,” katanya.

Jebolan UGM itu menjelaskan, pengakuan pendidikan Muhammadiyah secara nasional dan internasional yang membanggakan itu adalah membuktikan, bahwa Muhammadiyah memberi energi positif yang unggul menebar kebaikan bagi umat, bangsa dan dunia.

Menurutnya, Muhammadiyah selalu berkontribusi konstruktif bagi kehidupan umat manusia kapan dan di manapun. Muhammadiyah sering hadir tidak gegap gempita, tetapi selalu terpanggil berbuat nyata yang memberi maslahat bagi kehidupan bersama.

Lebih-lebih di era pandemi Covid-19 dan bencana alam yang sangat berat dihadapi bangsa ini. Di saat sulit seperti ini sungguh semua pihak meniscayakan kerja-kerja nyata yang maslahat. Meski kerja di ruang senyap tanpa riuh rendah suara publik, tapi mampu memberi solusi untuk negeri.

Oleh karena itu, ia pun kepada anggota, kader, apalagi pimpinan Muhammadiyah di seluruh struktur dan tingkatan mesti menjadi uswah hasanah dalam meringankan saudara-saudara kita yang terkena musibah Covid-19 dan bencana alam yang sangat berat serta berdampak luas bagi kehidupan maayarakat, utamanya masyarakat bawah.

“Bukankah pesan luhur Nabi, bahwa ‘sebaik-baik manusia ialah yang memberi manfaat bagi sesama’. Setidaknya, bila belum  bisa meringankan masalah bangsa,  jangan menambah berat dan beban bangsa,” ujarnya.

10-Besar-Top-Islamic-UNiversity.jpg

Berikut urutan lengkap sepuluh teratas Universitas Islam dunia hasil uniRank tahun 2021: 

(1) Universitas Muhammadiyah Malang Indonesia, (2) Iran University of Science and Technology Iran, (3) Cairo University Egypt, (4) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta Indonesia, (5) Umm Al-Qura University Saudi Arabia, (6) Shahid Beheshti University of Medical Sciences Iran,  (7) Universiti Islam Antarabangsa Malaysia Malaysia, (8) Universitas Muhammadiyah Surakarta Indonesia, (9) Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang Indonesia, (10) Universitas Islam Indonesia Yogyakarta.  (*)

Pewarta : Moh Ramli
Editor : Faizal R Arief
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Bima just now

Welcome to TIMES Bima

TIMES Bima is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.